Sekolah : SD Negeri Sonorejo 02
Kelas/Semester :
4/1 (satu)
Tema :
4 (Berbagai Pekerjaan)
Subtema : 3 (Pekerjaan Orang Tuaku)
Pembelajaran : 1
Alokasi waktu : 1 Hari (5 x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.5 Membangun pendapat pribadi
tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5
Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku
sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alas an
Indikator
3.5.5 Menilai kejadian yang terdapat di dalam
dongeng.
4.5.5
Mendeskripsikan penilaian dongeng secara lisan dan tulisan.
IPA
Kompetensi
Dasar
3.8
Memahami
pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya.
4.8
Melakukan
kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya.
Indikator
3.8.5
Mengidentifikasi dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol.
4.8.5
Memberikan tulisan kegiatan pencegahan berkurangnya sumber daya alam dalam
kehidupan sehari-hari.
IPS
Kompetensi
Dasar
3.3
Mengidentifikasi
kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan,
sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3
Menyajikan
hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Indikator
3.3.5
Menyebutkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya
4.3.5
Melaporkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya.
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan membaca dongeng ‘Tupai dan Ikan gabus’, siswa mampu
menilai cerita dengan detail.
2.
Dengan membaca dongeng ‘Tupai dan Ikan Gabus’, siswa mampu
mendeskripsikan penilaian cerita secara lisan dan tulisan dengan detail.
3.
Dengan membaca teks tentang pengrajin kayu, siswa mampu
mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait social budaya di wilayahnya dengan
rinci.
4.
Dengan bekerja dalam kelompok, siswa mampu mengomunikasikan
jenis pekerjaan terkait sosial budaya di wilayahnya dengan rinci.
5.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan dampak
pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
6.
Dengan bekerja dalam kelompok, siswa mampu menuliskan contoh
kegiatan sebagai upaya pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
D. Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
Pra Pembelajaran
1.
Guru memberikan salam dan menanyakan kabar siswa.
2.
Siswa yang telah ditunjuk guru, memimpin doa di depan kelas (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran).
3.
Guru melakukan presensi
4.
Guru melakukan apersepsi
dengan menyanyikan
lagu "Tukang Kayu" yang masih berkaitan
dengan materi pembelajaran lewat video dari youtube.
5.
Guru memberi motivasi
kepada siswa agar semangat
dalam mengikuti
pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
6.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
Model Kooperatif
|
150 Menit
|
KEGIATAN 1
Fase ke-1
Menyampaikan tujuan
dan memotivasi siswa
|
|||
1. Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran.
(mengamati)
2. Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang hal-hal yang terkait dengan pembelajaran, yaitu
apakah pekerjaan orang tuamu? (menanya, mencoba)
3. Siswa menyampaikan
jawabannya. Guru menulis di papan tulis. Guru kembali lagi bertanya tentang barang
apakah yang dihasilkan dari pekerjaan orang tuamu? Bagaimana cara
orang tuamu menghasilkan barang tersebut?. Siswa menjawab
pertanyaan itu secara bergantian (menanya, mengkomunikasikan)
|
|||
Fase ke-2
Menyampaikan
Informasi
|
|||
4. Sebelumnya guru menampilkan gambar tupai dan ikan gabus
di Microsoft Power Point dengan memanfaatkan LCD dan Proyektor yang ada di
kelas. (mengamati)
5.
Guru
menyampaikan bahwa hari ini siswa akan membaca dongeng dari daerah Kalimantan
Barat, yaitu ‘Tupai dan Ikan Gabus’. (mengamati)
6.
Mintalah
siswa untuk membuat prediksi ceritanya. Prediksi tidak harus benar. (menalar
dan mencoba)
7. Siswa diminta untuk membuka website http://www.dongeng.web.id/ikan-gabus-dan-tupai-cerita-rakyat-kalimantan-barat.html dan membaca teks
cerita tentang ‘Tupai dan Ikan Gabus’ dalam hati. (mengamati)
|
|||
Fase ke-3
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
|||
8.
Siswa
dibentuk menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdapat 5 orang. Setiap
siswa dalam kelompok harus mampu menemukan unsur cerita dan menuliskannya ke dalam
peta pikiran dengan memanfaatkan media presentasi microsoft power point.
Siswa kemudian mendiskusikan hasilnya dengan teman satu kelompok. (mengamati
dan menalar)
9.
Guru
membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain
untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. (mengamati)
10. Guru meminta siswa untuk mengirimkan hasil diskusi
kelompoknya via e-mail kepada gurunya.
|
|||
Fase ke-4
Membimbing kelompok
bekerja dan belajar
|
|||
11. Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan
hasil diskusinya dengan mempresentasikannya dalam Microsoft Power Point. (mengkomunikasikan)
12. Guru memberi penugasan kepada seluruh siswa untuk
bertanya mengenai hasil diskusi dari kelompok yang presentasi. (menanya)
13. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa
untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. (menalar dan mencoba)
14. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan
kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. (mencoba)
|
|||
Fase ke-5
Evaluasi
|
|||
15.
Setiap siswa
diminta untuk menuliskan pendapatnya mengenai cerita tersebut ke dalam Microsoft Word kemudian
mengirimkannya via e-mail kepada guru. (mencoba dan menalar)
16.
Guru
menyampaikan rubrik penilaian agar mereka memahami apa yang akan dinilai. (mengamati)
17.
Siswa
menukarkan hasil pekerjaannya dengan pekerjaan temannya lewat email dan
saling mengomentari. Siswa dapat bekerja berpasangan. (mencoba dan menalar)
|
|||
Fase ke-6
Memberikan
Penghargaan
18.
Hasil kerja kelompok akan diperiksa oleh
guru.
19.
Kelompok mendapatkan skor berdasarkan
predikat yang diperoleh.
20.
Kelompok mendapatkan penghargaan oleh guru.
|
|||
KEGIATAN 2
|
|||
21.
Untuk
menambah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pekerjaan, guru mengajak siswa
untuk membaca teks tentang seorang pengrajin kayu yang ada di buku siswa. (mengamati)
22.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa
dan mendiskusikannya dengan teman kelompok. Hasil diskusi ditulis dalam
Microsoft Power Point dan dikirim ke email guru. (mencoba dan menalar)
23.
Guru meminta
satu perwakilan siswa dalam kelompok untuk menyampaikan hasilnya dan
membahasnya bersama dengan menggunakan Microsoft Power Point. (mengkomunikasikan)
24.
Secara
individu, siswa harus menuliskan pengrajin yang ada di sekitar mereka dengan
menggunakan tabel dan diketik ke dalam Microsoft Word. Karena tulisan akan
dinilai, guru menyosialisasikan rubrik kepada siswa. (mencoba)
25.
Secara individu,
siswa diminta untuk mencari contoh-contoh pengrajin yang ada di Indonesia
melalui search engine misalnya google, mozila firefox, internet explore dan
sebagainya. Lalu ditambahkan ke dalam tabel yang telah dibuat. (mencoba)
Bentuk tabelnya
seperti berikut :
|
|||
KEGIATAN 3
|
|||
26.
Guru melanjutkan pembelajaran dengan meminta siswa
untuk mencari gambar mengenai kondisi hutan yang ada di Kalimantan dari tahun
1950- 2020 melalui search engine misalnya google, mozila firefox, atau
internet explorer kemudian siswa mengamati gambar tersebut. (mengamati)
27.
Siswa dalam kelompok berdiskusi tentang kondisi
hutan di Kalimantan dan mengisi diagram tentang kondisi hutan di Kalimantan
dari tahun 1950-2020 dan menuliskannya dengan menggunakan Microsoft Power
Point dalam membuat diagram siswa dapat berkreasi sekreatif mungkin. (mencoba)
28.
Setiap kelompok mengirimkan satu perwakilan siswa untuk
mempresentasikan hasil diskusinya dengan menggunakan Microsoft Power Point. (mengkomunikasikan)
29.
Guru membagikan
lembar kerja berupa gambar peta Kalimantan. Siswa diminta untuk mengamati
gambar peta Kalimantan lalu mewarnai peta dengan warna hijau untuk yang
menunjukkan masih adanya pohon pada tahun 2030 mendatang. Gambar dikumpulkan
kepada guru dan dinilai menggunakan rubrik. (mengamati dan mencoba)
30.
Siswa melanjutkan pekerjaannya dengan mengamati gambar
Kalimantan dan membuat prediksi tentang kondisi hutan lalu menuliskan hasil
prediksinya dan alternatif jalan
keluar agar kondisi hutan tidak bertambah buruk dengan menggunakan Microsoft
Word dan dikirim via e-mail kepada guru (mencoba dan menalar)
|
|||
3.
|
Penutup
|
1.
Guru mengulas kembali kegiatan yang sudah dilakukan dan meminta siswa
melakukan refleksi dari kegiatan yang baru.
a)
Apa saja yang kamu pelajari hari ini?
b)
Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan
baik?
c)
Bagian mana yang belum kamu pahami?
d)
Apa rencanamu agar kamu lebih paham?
e)
Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam
kehidupan sehari-hari
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
tentang pembelajaran hari ini.
3.
Siswa memimpin doa untuk mengakhiri
pembelajaran.
|
15 Menit
|
TERIMA KASIH RPPNYA
BalasHapusSama-sama mohon dikoreksi lagi jika masih terdapat kesalahan :)
Hapusbagus loh ini syntax nya gak monoton. makasih ya.
BalasHapusSama-sama. Mohon dikoreksi lagi jika masih terdapat kesalahan :)
HapusTERIMA KASIH RPPNYA, IZIN COPY :D
BalasHapus